Pernyataan Sikap Uni Papua atas Tindakan Anarkisme Supporter Sepakbola

September 26, 2018

Dunia olahraga tanah air kembali berduka. Haringga Sirila, pendukung Persija Jakarta meninggal di tangan para pendukung Persib Bandung jelang laga antara Persib dan Persija di stadion olahraga Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, 23 September 2018.

Kita baru saja menggelar dengan sukses acara olahraga terbesar kedua di dunia yaitu Asian Games ke 18 di Jakarta dan Palembang dengan aman dan tertib serta penuh rasa persatuan dan perdamaian. Namun sayangnya belum genap satu bulan Asian Games berlalu, nama baik olahraga kita tercoreng oleh mereka yang mengaku pendukung fanatik olahraga namun tak punya rasa kemanusiaan.

Atas musibah yang terjadi di GLBA kemarin yang menewaskan salah satu pendukung Persija Jakarta, kami atas nama seluruh anak binaan yang tersebar dari Aceh hingga Papua dan luar negeri, instruktur, relawan dan manajemen Perkumpulan Sepakbola Sosial Uni Papua menyampaikan :

  1. Pernyataan duka cita yg mendalam kepada keluarga korban;
  2. Mengutuk aksi kekerasan diantara supporters bola;
  3. Meminta dengan sangat kepada aparat untuk segera menangkap dan mengadili para pelaku;
  4. Mendorong para penyelenggara event pertandingan untuk lebih memperkuat pengamanan; dan
  5. Perkumpulan Sepkabola Sosial Uni Papua siap kontribusi dalam program edukasi supporters agar dapat menjadi pendukung yang sportif dan menjunjung tinggi nilai-nilai perdamaian dan kemanusiaan dalam setiap kegiatan persepakbolaan di tanah air.

Pernyataan sikap ini kami sampaikan kepada seluruh stake-holders persepakbolaan nasional, mulai dari pemerintah, asosiasi, klub-klub sepakbola, manajemen supporter, media, dan pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan penyelenggaraan kegiatan sepakbola di tanah air. Semoga kasus ini menjadi yang terakhir dalam dunia olahraga kita.

 

Hormat kami,

 

Harry Widjaja

CEO / Founder UNI PAPUA

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *